Monday, April 12, 2021

Ingin Beli Asuransi Jiwa Seumur Hidup? Ketahui Dulu Jenis-jenisnya

Bagi Anda yang hendak membeli produk asuransi jiwa dengan memilih perlindungan jiwa seumur hidup, maka sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis polis asuransinya terlebih dahulu. Dengan mengetahuinya, tentunya akan semakin memudahkan Anda memilih asuransi yang cocok untuk Anda. Berikut adalah jenis-jenisnya.

 


1.                   Polis Jiwa Langsung 

 

Untuk polis jiwa langsung atau straight life policy, preminya dibayar sampai pihak tertanggung meninggal dunia atau sampai usianya mencapai 100 tahun. Pada asuransi jenis ini jumlah uang pertanggungan dasar sama dengan saat nasabah sudah berusia 100 tahun. Bila di usia tersebut nasabah masih hidup, maka nilai pertanggungannya akan dibayarkan dan proteksi dari asuransi akan berhenti secara otomatis.

 

2.                   Polis Jiwa Seumur Hidup Pembayaran Terbatas

 

Polis jiwa seumur hidup pembayaran terbatas atau limited payment whole life insurance ditujukan untuk mereka yang ingin mempunyai proteksi seumur hidupnya, tetapi tidak ingin membayarkan premi seumur hidup. Yang mana premi hanya dibayarkan untuk jangka waktu tertentu atau pihak nasabah sudah mencapai usia tertentu. Namun, untuk perlindungannya tetap dilanjutkan seumur hidupnya. Dengan begitu, untuk pembayaran preminya sendiri dilakukan dalam tempo yang lebih cepat.

 

3.                   Polis Tidak Berpartisipasi

 

Pada asuransi jiwa seumur hidup jenis ini, bila pihak tertanggung meninggal dunia, maka ahli warisnya akan memperoleh uang pertanggungan dasar dengan jumlah terbatas. Dengan begitu, maka tidak ada bonus yang berasal dari perusahaan asuransi karena hanya sebatas pada premi yang dibayarkan saja.

 

4.                   Polis Berpartisipasi

Jenis polis ini menyediakan peluang bagi perusahaan asuransi untuk membagi keuntungannya dengan nasabah. Namun, dengan syarat ada tambahan premi yang diberikan. Dengan begitu, nasabah bisa menerima bonus tambahan setiap tahun. 

Untuk berapa besarnya bonus tidak ada jaminan yang pasti karena tergantung pada keuntungan yang didapat oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan.

 

Nah, jika memilih beberapa jenis asuransi jiwa seumur hidup di atas, maka Anda mendapatkan beberapa keuntungan, di antaranya:

 

1.                   Premi asuransi tetap

 

Dari awal sampai akhir masa pertanggungan, jumlah premi yang Anda bayarkan tidak ada perubahan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika suatu waktu premi asuransi mengalami peningkatan. Dengan demikian, tentunya akan memudahkan Anda untuk menentukan jumlah premi yang sekiranya mampu dibayarkan sampai memasuki masa pensiun. 

 

2.                   Premi bisa dikembalikan

 

Dalam asuransi jiwa seumur hidup ini, premi bisa dikembalikan setelah waktu tertentu. Baik itu sudah terjadi klaim ataupun tidak. Dengan begitu, premi yang Anda bayarkan setiap bulannya tidak hangus begitu saja tetapi Anda bisa mendapatkannya kembali.

 

3.                   Premi yang dibayarkan fleksibel

 

Untuk pembayaran preminya sendiri bisa Anda pilih. Baik jangka waktu 5 tahun, 10 tahun, maupun 20 tahun. Meski begitu, perlindungan yang diberikan tetaplah seumur hidup. Dengan demikian, masa pembayaran premi bisa Anda perkirakan sendiri sesuai dengan kemampuan Anda.

Itulah beberapa jenis polis asuransi jiwa seumur hidup yang perlu Anda ketahui jika ingin membeli produk asuransi jiwa tersebut. Begitu juga dengan beragam keuntungannya yang bisa Anda dapatkan.

0 comments:

Post a Comment