Friday, February 26, 2021

Manfaat Rawat Inap dan Rawat Jalan dalam Asuransi, Apa Bedanya?

Ketika Anda memilih asuransi kesehatan, termasuk asuransi kesehatan bagi karyawan, Anda pasti sering melihat istilah manfaat rawat inap dan manfaat rawat jalan yang ada di dalam manfaat klaim asuransi karyawan. Berdasarkan kesepakatan ketika mendaftar di awal, Anda bisa memiilih kedua manfaat tersebut atau hanya memilih manfaat rawat inap saja.

 


Tapi, apa ya sebenarnya perbedaan di antara keduanya?

 

Perbedaan Manfaat Asuransi Rawat Inap dan Rawat Jalan

 

Sebagai bagian dari manfaat tambahan yang dapat Anda peroleh dengan memilih asuransi kesehatan, baik manfaat rawat inap maupun rawat jalan sebenarnya sama-sama menjadi manfaat untuk proteksi atau perlindungan kesehatan Anda. Biasanya, orang-orang cenderung mengutamakan memilih manfaat rawat inap karena pertimbangan biaya rawat inap yang lebih besar daripada rawat jalan. Tapi, ada juga yang memilih keduanya.

 

Rawat jalan sendiri mengacu pada perawatan serta pengobatan yang dapat dilakukan oleh pasien secara mandiri tanpa harus opname atau menginap di rumah sakit. Manfaat ini mengacu pada perlindungan atas biaya yang perlu Anda keluarkan untuk konsultasi dokter, pemeriksaan dan diagnosis, serta obat-obatan yang diresepkan selama rawat jalan.Umumnya tersedia sebagai tambahan manfaat dari asuransi rawat inap.

 

Kalau begitu, apakah artinya manfaat proteksi kesehatan yang satu ini bisa Anda nomorduakan begitu saja? Tentu saja tidak, karena meskipun lebih murah dibanding rawat inap tetapi biaya yang harus Anda keluarkan untuk berobat rawat jalan juga tidak sedikit. Selain itu, intensitas Anda periksa ke dokter untuk rawat jalan pasti akan lebih sering dibandingkan dengan rawat inap.

 

Tips Memilih Manfaat Asuransi Rawat Jalan

 

Dalam memilih asuransi kesehatan dengan manfaat rawat jalan yang tepat, ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan dan jadi pertimbangan. Apa saja?

 

1.                   Sesuaikan premi dengan kemampuan finansial Anda.

 

Semakin besar premi yang Anda bayar memang akan membuat Anda mendapat nilai pertanggungan semakin tinggi. Namun jika biaya premi yang harus Anda bayarkan lebih tinggi dari kemampuan, justru akan membuat kondisi keuangan Anda menjadi tidak sehat.

 

2.                   Selalu pastikan dulu kredibilitas dan legalitas perusahaan asuransi.

 

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah memastikan status legalitas dan tingkat kredibilitas perusahaan asuransi. Anda bisa mulai dari perusahaan asuransi yang sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang artinya aktivitas perusahaan tersebut juga diawasi oleh aparat resmi hukum.

 

3.                   Baca polis dengan cermat.

 

Poin lain yang penting dan tak boleh Anda abaikan adalah membaca polis dengan teliti. Salah satu alasannya adalah agar Anda tahu secara pasti apa saja yang di-cover oleh asuransi kesehatan tersebut, termasuk dalam hal manfaat asuransi rawat jalan. Jadi, Anda tidak akan merasa “rugi" di kemudian hari, padahal sebenarnya hal tersebut adalah buah dari keteledoran Anda sendiri.

 

Itulah rangkuman poin penting tentang manfaat asuransi rawat jalan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

5 comments:

  1. HP Printer Won’t Print is the post which helps you to resolve various problems of HP Printer. As you know that HP Printer is the best printer we had in the market but sometimes it throws errors and does not work properly. For instant help call us +1-888-701-0906.

    ReplyDelete
  2. Support Amcrest .Com is the webpage that helps you to resolve all the problems related to the Amcrest Camera which is the most trustable brand of camera that gives you the best protection for your family and friends. Call us for more information +1-888-701-0906.

    ReplyDelete
  3. HP Printer Keeps Going Offline is the printer which allows you to perform multiple functions of the printer. HP Printer is the most trusted brand of printer you can scan read and printer any kind of document. If you are facing the problem of offline printer error of the printer with window 10.

    ReplyDelete
  4. Canon MG3600 Connect Wi-Fi is the website that helps you to connect with the best Canon printer. If you are trying to connect your Canon printer with the Wi-Fi. Then call us +1-888-701-0906.

    ReplyDelete
  5. Canon MG3600 Connect Wi-Fi is the website that helps you to connect with the best Canon printer. If you are trying to connect your Canon printer with the Wi-Fi. Then call us +1-888-701-0906.

    ReplyDelete